Search

Vaksin COVID-19 untuk Anak-Anak

Hingga saat ini memang belum ada vaksin COVID-19 yang tersedia untuk anak-anak. Meskipun kasus infeksi virus covid19 ini lebih sedikit pada anak-anak dibandingkan kasus infeksi COVID-19 pada orang dewasa, pemberian vaksin COVID-19 kepada anak-anak tetap dianggap perlu untuk menurunkan risiko anak terinfeksi virus corona dan untuk mencegah penularan COVID-19 kepada orang dewasa.


Berikut adalah alasan anak-anak belum dilibatkan pengujian vaksin COVID-19, meliputi :


Risiko pada anak

Orang dewasa memang lebih rentan terkena virus COVID-19 dari pada anak-anak, karena imun anak-anak biasanya lebih kuat dibandingkan orang dewasa. Namun anak-anak bukan berarti lebih kebal dari paparan virus ini, anak-anak juga memiliki resiko yang sama bahkan juga beresiko mengalami komplikasi serius akibat infeksi virus COVID-19 ini.


Sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Hal ini membuat dosis pemberian vaksin COVID-19 untuk anak-anak tidak bisa disamakan dengan dosis vaksin untuk orang dewasa.


Izin orang tua

Anak-anak belum dapat memberikan keputusan sendiri. Oleh karena itu, diperlukan izin dan persetujuan dari orang tua apabila peneliti ingin melakukan uji coba vaksin pada anak.


Efektivitas dan keamanan vaksin

Peneliti ingin memastikan bahwa vaksin COVID-19 yang diberikan kepada orang dewasa memang efektif dan aman sebelum disuntikkan kepada anak-anak. Oleh karena itu, diperlukan studi dan data yang lebih banyak lagi untuk memulai proses penelitian dan pengujian vaksin COVID-19 untuk anak-anak.


7 views0 comments