Search

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Menjaga berat badan

Pembakaran lemak menjadi energi membantu mengurangi berat badan. Itu yang membuat puasa bisa menurunkan berat badan. Selain dapat berat badan ideal, penurunan berat badan juga baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.


Membantu memperbaiki kondisi medis

Berpuasa dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.


Mengontrol Kadar Gula Darah

Puasa dapat menurunkan resistensi insulin, sehingga sensitivitas tubuh terhadap insulin meningkat. Transpor glukosa dari jaringan peredaran darah ke sel-sel tubuh juga semakin efisien.

Namun, sebelum berpuasa penyandang diabetes yang mengonsumsi obat atau insulin tetap harus berkonsultasi dulu dengan dokter agar penurunan kadar gula darah tidak terjadi secara drastis.


Menyehatkan Jantung

Puasa dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol "jahat") hingga 25 persen dan kadar trigliserida hingga 32 persen. Namun tetap diiringi pola makan yang sehat.


Menurunkan risiko kanker

Selama puasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang. Kondisi tersebut diringi dengan menurunnya pertumbuhan sel akibat terbatasnya asupan. Namun, ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

  1. Tubuh melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal

  2. Sel-sel dalam organ tubuh melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik


6 views0 comments