Search

Olahraga

Updated: Apr 13

Aktivitas Fisik adalah segala pergerakan tubuh yang melibatkan otot rangka (skeletal) yang menggunakan energi. Macam-macam aktivitas fisik seperti olahraga, bekerja, melakukan pekerjaan rumah tangga, dan lainnya. Olaharaga adalah aktivitas fisik yang berulang (repetitif), terencana, terstruktur demi tercapainya tubuh yang sehat secara fisik dan mental. Dikatakan olahraga jika detak jantung sudah naik di atas detak jantung pada kondisi istirahat.


Olahraga dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu aerobik, anaerobik, dan latihan ketangkasan. Ada beberapa manfaat olahraga yaitu:

  • memperbaiki suasana hati dan menurunkan rasa gelisah dan depresi

  • membantu menurunkan berat badan

  • membangun otot dan tulang

  • meningkatkan daya tahan tubuh

  • menurunkan risiko penyakit kronis

  • membantu kesehatan kulit

  • membantu kesehatan otak

  • membantu tubuh menjadi rileks sehingga kualitas tidur membaik

  • membantu menurunkan rasa nyeri

  • berperan dalam kesehatan seksual

Olahraga aerobik bertujuan memperbaiki kemampuan tubuh menggunakan oksigen. Terdiri dari pemanasan, olahraga minimal 20 menit, dan pendinginan. Manfaatnya seputar membantu memperbaiki sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit kronis, memperbaiki pola tidur, dan meningkatkan stamina.


Olahraga anaerobik bertujuan untuk membangun kekuatan dan massa otot. Biasanya bersifat intensitas tinggi dan baiknya tidak lebih dari 2 menit seperti angkat beban, lari cepat (sprint), lompat tali cepat, latihan interval, isometrik, dan aktivitas intens lainnya. Kalori yang digunakan lebih sedikit dibandingkan olahraga aerobik.


Latihan ketangkasan bertujuan mempertahankan kontrol saat ada perubahan kecepatan dan arah. Beberapa contohnya seperti tenis, sepak bola, amercian football, hoki, badminton, voli, basket, boxing, bergulat, dan seni bela diri.


Tipe olahraga lainnya bermanfaat membangun fleksibilitas, postur, sirkulasi dan keseimbangan tubuh seperti yoga dan pilates.


Olahraga yang dianjurkan adalah 150 menit per minggu dengan durasi 30-50 menit per hari dan frekwensi 3-5x seminggu.






Sumber:

  1. Caspersen CJ, Powell KE, Christenson GM. Physical activity, exercise, and physical fitness: definitions and distinctions for health-related research. Public Health Rep. 1985 Mar-Apr; 100(2): 126–131

  2. Felman A, Bubnis D. What to know about exercise and how to start. Medical News Today. 2019. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/153390

  3. Semeco A, Bubnis D. The Top 10 Benefits of Regular Exercise. Healthline. 2021. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-exercise

9 views0 comments