Search

Vitamin C

Vitamin C, disebut juga asam askorbat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Vitamin C berperan dalam pertumbuhan, perkembangan, perbaikan jaringan tubuh, sebagai antioksidan, pertahanan tubuh terhadap penyakit, dan kesehatan kulit. Beberapa penelitian menyatakan bahwa vitamin C dapat mencegah infeksi sepergi common cold, influenza, dan pneumonia. Oleh sebab itu, vitamin C dikatakan dapat berperan melawan atau mencegah terinfeksi COVID-19.


Sumber vitamin C dapat didapat dari buah dan sayuran, seperti buah jeruk, stroberi, blackcurrant, brokoli, brussel sprout, bayam, kubis, kentang, dan juga lada. Kebutuhan normal vitamin C berkisar antara 50-75 mg per hari, agar ini tercapai perlu konsumsi sekitar 5 porsi buah dan sayuran setiap hari. Namun tambahan suplementasi 500-1000 mg per hari, masih dianggap aman selama kondisi pandemi COVID-19 ini.


Apa yang terjadi jika kelebihan atau kekurangan vitamin C? Jika kekurangan vitamin C ringan dapat terjadi bibir pecah-pecah, mudah sariawan, kulit mudah kering dan pecah-pecah, daya tahan tubuh berkurang. Jika lebih berat dapat timbul penyakit seperti Scurvy. Jika berlebihan dapat menyebabkan nyeri perut, diare, dan juga sering buang angin. Pada tahap tertentu, konsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan terjadinya batuk di ginjal.


Peran antioksidan dari vitamin C ini memiliki banyak manfaat dalam tubuh. Selain mencegah terjadinya stress oksidatif dalam tubuh, antioksidan dapat berfungsi sebagai proteksi dari penyakit kanker. Selain itu, dapat bermanfaat juga untuk menambah imunitas tubuh.


Kesimpulannya, vitamin C baik bagi tubuh, namun konsumsinya harus tepat, tidak kekurangan dan tidak kelebihan agar tidak menjadi bumerang dan merugikan tubuh kita.


Referensi:

  1. Zelman KM. The Benefits of Vitamin C. Nourish by WebMD. 2020. Available from: https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c#1

  2. Mayo Clinic Staff. Vitamin C. Mayo Clinic. 2020. Available from: https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-c/art-20363932

  3. NHS team. Vitamin C. NHS. 2020. Available from: https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/vitamin-c/

  4. Hemilä H. Vitamin C and Infections. Nutrients. 2017 Mar 29;9(4):339. doi: 10.3390/nu9040339.


12 views0 comments